My Advertiser

Limbah Organik

limbah organik

haloo, met siang semuanyaaa, pade sehat khan, hehehe, untuk bacaan kali ini mau kasih tentang limbah organik, baca aje fren, sape tau bermanfaat :D

limbah organik. Limbah Organik adalah barang atau material yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik/pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai kalau dikelola atau diolah dengan prosedur yang benar. Limbah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos). Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipercepat oleh bantuan manusia.Pengolahan limbah organik memerlukan pengetahuan yang memadai, agar dalam pemanfaatannya tidak menghasilkan limbah baru yang justru semakin menambah permasalahan dalam kehidupan. Paling tidak limbah hasil daur ulang ini dapat dikelola dengan efisien dan efektif agar sampah yang dihasilkan dari proses pemanfaatan ini dapat diminimalisir. sumber. terus bedanya dengan anorganik apa yak

l
imbah organik dan anorganik. Limbah Anorgani adalah limbah yang berasal dari sisa manusia yang sulit untuk di urai oleh bakteri, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama (hinga ratusan tahun) untuk dapat di uraikan. Biasanya berasal dari sampah industri. sumber. trus pan limbah organik ada juga tuh yang basah. kaya gimane sih ..

limbah organik basah. Limbah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya seperti : kulit buah dan kulit sayuran atau dedaunan. Limbah Organik Basah yang dapat dijadikan karya kerajinan adalah seperti kulit jagung, kulit bawang, kulit buah atau biji-bijian, jerami dan sebagainya. Pengolahan limbah organik basah ini tentu dapat dilakukan dengan cara pengeringan dengan menggunakan sinar matahari secara langsung ini hingga kadar air yang ada dalam limbah organik habis. Bahan yang telah kering merupakan salah satu bahan baku yang nantinya akan dan dapat dibuat berbagai macam kerajinan. Proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ini ditentukan oleh si pengrajin. sumber. kalo ada kata limbah non organik ntu apaan yak..

limbah organik dan non organik. sama aja tong.. mau non organik. ataopun anorganik, saya rasa sama. tuh dah ada di atas penjelasan singkatnya.. lalu apa yang disebut limbah organik lunak.

limbah organik lunak. itu sama aja dengan limbah organik basah juga tonk.. jadi jangan pade binun yak hehehe.  Limbah organik lunak merupakan sampah basah yang mudah terurai, seperti daun, sisa makanan. Sedangkan limbah organik keras merupakan sampah organik yang tidak mudah terurai, seperti sisa kayu, sisa bambu, tulang hewan sumber.

l
imbah organik reduce. artinye nih ane kira seperti ini. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. nah trus gimane pemanfaatannye..

limbah organik dan pemnafaatannya. Limbah organik dapat dimanfaatkan melalui proses daur ulang, misalnya dengan dibuat kompos, biogas, bahan aktif dan bahan lain yang lebih bermanfaat. Komposting. pengomposan selain dapat mengurangi volume sampah sekaligus sebagai usaha mendapatkan bahan-bahan kompos yang digunakan sebagai pupuk. Limbah organik oleh organisme diuraikan menjadi bahan anorganik. Agar pengomposan berjalan dengan baik diperlukan kondisi yang mendukung kerja mikroorganisme, yaitu campuran yang seimbang dari berbagai komponen, suhu, kelembapan udara, dan cukup kandungan oksigen. Keuntungan sistem pengomposan, antara lain sebagai berikut :
Kompos merupakan jenis pupuk yang ekologis dan tidak merusak lingkungan.
Bahan yang dipakai banyak tersedia (tidak perlu membeli).
Masyarakat dapat membuatnya sendiri (tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal).
Unsur hara dalam kompos ini lebih tahan lama jika dibandingkan dengan pupuk buatan.

Biogas. Biogas adalah gas-gas yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar, yang dihasilkan dari sampah organik secara anaerobik. Bahan baku biogas bisa berasal dari kotoran hewan, sisa makanan atau campuran keduanya. Kelebihan dari biogas antara lain sebagai berikut :
Mengurangi jumlah limbah.
Menghemat energi.
Sumber energi yang tidak merusak lingkungan.
Nyala api bahan bakar biogas lebih terang atau bersih.
Residu dari biogas dapat dimanfaatkan untuk pupuk.
Berikut merupakan gambar proses pembuatan biogas dari kotoran sapi.

Selain cara tersebut, limbah organik juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan lain yang lebih bermanfaat, misalnya sebagai berikut :
Bulu ayam untuk membuat shuttlecock dan alat pembersih (sulak)
Tempurung kelapa dan tulang dapat dimanfaatkan untuk membuat arang aktif.
Sabut kelapa untuk membuat matras.
Kertas untuk campuran membuat kenteng beton. sumber. apa aja yang dapat didaur uang ntu limbah

limbah organik yang dapat didaur ulang. Beberapa jenis limbah organik dapat dimanfaatkan secara langsung tanpa proses daur ulang, Contoh :
Jerami, pohon jagung/daun tebu dan sejenisnya dapat digunakan untuk makanan ternak.
Serbuk gergaji kayu dan sekam (berambut) dapat digunakan untuk bahan bakar.
Limbah pabrik tahu digunakan untuk makanan ternak.
Limbah organik dari restoran dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak.  sumber








0 comments:

Post a Comment