My Advertiser

Sejarah, Pengertian Dan Gejala Atau Tanda Terinfeksi Virus Ebola

SEJARAH, PENGERTIAN DAN GEJALA ATAU TANDA TERINFEKSI VIRUS EBOLA, saat ini dunia sedang dikejutkan dengan yang namanya virus ebola, katanya nih, virus tersebut belon ada vaksinnya, wuih serem, yuk kita lihat darimana asalnya dan gejala atau tanda jika terinfeksi virus ebola tersebut

Sejarah, Pengertian Dan Gejala Atau Tanda Terinfeksi Virus Ebola
The National Institutes of Health mencatat hampir 90 persen orang yang terinfeksi virus ebola, meninggal dunia. Virus ini mewabah di beberapa negara Afrika seperti Republik Demokratik Kongo, Gabon, Sudan, Pantai Gading, dan Uganda.

Virus ini dinamai Ebola (Ebola adalah nama sungai di Republik Demokratik Kongo, dulu Zaire), karena virus ini pertama kali terjadi pada tahun 1976 di Zaire.
Ebola adalah virus mematikan yang ditularkan melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, jarum yang tidak steril atau hewan yang terinfeksi. Gejalanya termasuk demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, kelelahan, dan diare. Gejala awal terjadi 4-16 hari setelah infeksi, dan jika tidak ditangani tepat waktu dapat memburuk dengan cepat. Pada akhirnya, virus menyebabkan semua organ utama gagal, mengakibatkan kematian. Pada tahun 1976 di Zaire, penyakit ini muncul dari tempat yang tidak diketahui dan menewaskan 340 orang. Asal virus adalah di Zaire, pindah ke Sudan, ke Pantai Gading, dan yang terbaru pada tahun 1996 di pedesaan Gabon. Ada 4 jenis virus Ebola: Ebola Zaire, Reston, Tai, dan Sudan. Ebola Reston, yang merupakan satu-satunya virus yang tidak menyerang manusia, hanya pada monyet

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, umumnya gejala muncul sekitar delapan hingga 10 hari setelah seseorang terpapar virus dengan gejala awal pusing, demam, nyeri, lemas, sakit tenggorokan, terkadang muncul ruam-ruam di tubuh penderita. Gejala awal ini bisa menyerupai gejala pada penyakit seperti malaria, demam tifoid, atau meningitis. Gejala tersebut kemudian diikuti dengan diare dan muntah-muntah.

Badan Federal Biologi-Medis Rusia (FMBA) mengatakan virus Ebola bisa menjadi senjata biologi yang sangat mematikan. Bahkan virus itu bisa digunakan dalam bentuk semprotan sehingga sangat berbahaya,  Menurut Nikiforov, cukup sulit untuk melacak pembuatan senjata biologi meski Konvensi Senjata Biologi dan Racun pada 1972 sudah diadakan. "Senjata biologi tidak seperti bom nuklir. Untuk membuat bom nuklir orang perlu tambang uranium, pembangkit listrik tenaga nuklir dan seterusnya. Tapi senjata bilogi bisa dibuat di laboratorium kecil yang bisa tersembunyi," Dalam laporan surat kabar the Sun, Walsh mengkhawatirkan terjadinya kematian massal jika virus itu
digunakan dalam bentuk bom di ruang publik.

Secara lengkap berikut paparan sejarah virus ebola
  • Tahun 1976 : Virus Ebola pertama kalinya diidentifikasikan di provinsi sebelah Barat Pada Negara Sudan serta di Wilayah Zaire yang sekarang dinamakan Kongo. Virus Ebola ini pertama kali teridentifikasi setelah terjadi endemik penyakit di wilayah Yambuki, Kongo, dan Nzara, Sudan.
  • Tahun 2000 : Terdapat 425 orang di Uganda terinfeksi serta lebih dari separuhnya meninggal dunia.
  • Mei 2011 : Wanita yang berumur 12 tahun di Uganda meninggal dunia karena Virus Ebola.
  • 29 Juli 2012 : terdapat 20 orang yang diduga terinfeksi Virus Ebola di Uganda serta 13 orang dari mereka meninggal dunia.
  • Dan sampai tahun 2014 menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat 729 orang meninggal dunia hingga 31 Juli lalu karena terjangkit virus Ebola. Sebanyak 57 kematian terjadi antara Kamis dan Ahad pekan lalu di Guinea, Nigeria, dan Sierra Leone.
Demikianlah blogger tercinta bacaan kali ini mengenai Sejarah, Pengertian Dan Gejala Atau Tanda Terinfeksi Virus Ebola, semoga bermanfaat ya

Salam Baca Gratis !!!

0 comments:

Post a Comment