My Advertiser

Penyebab Dan Cara Mendeteksi Adanya Kanker Payudara

PENYEBAB DAN CARA MENDETEKSI ADANYA KANKER PAYUDARA, sudah lama tidak menulis nih. untuk bacaan kali ini saya ingin berbagi mengenai kanker payudara, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mendeteksinya ? yuk kita baca..

Penyebab Dan Cara Mendeteksi Adanya Kanker Payudara.
Kanker payudara adalah jenis lain dari kanker yang terjadi pada jaringan sel payudara. Ketika sel abnormal membagi dan tidak terkontrol, mereka dapat menjadi besar dengan membentuk jaringan ekstra, atau tumor, yang dapat menjadi jinak atau ganas. Sel tumor jinak tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain, biasanya dapat diangkat dan tidak akan timbul kembali.

Sel tumor ganas (kanker) dapat menyebar ke jaringan tubuh yang terdekat dan melepaskan diri dari bentuk tumor primer menjadi bentuk tumor sekunder dimanapun di bagian tubuh.

Faktor risiko Terkena Kanker Payudara

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang membuat anda lebih memiliki kemungkinan mengalami kanker payudara. Tetapi memiliki satu atau bahkan beberapa faktor risiko tidak berarti anda akan mengalami kanker – beberapa wanita dengan kanker payudara tidak memiliki faktor risiko apapun yang diketahui daripada wanita lain.

antara lain:
  • Wanita. Wanita lebih memiliki kemungkinan mengalami kanker payudara daripada laki-laki.
  • Wanita yang berusia lebih dari 60 tahun memiliki risiko lebih besar daripada wanita dengan usia yang lebih muda.
  • Jika anda memiliki kanker pada satu payudara, anda memiliki peningkatan risiko mengalami kanker pada payudara yang lain.
  • Jika anda memiliki ibu, saudara perempuan atau anak perempuan dengan kanker payudara, anda memiliki peluang yang lebih besar terdiagnosa dengan kanker payudara. 
  • Mutasi gen (BRCA1 dan BRCA2) tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara dapat menurun dari orang tua kepada anak, tetapi tidak membuat kanker pasti terjadi.
  • Radiasi
  • Obesitas. 
  • Masa datang bulan yang dimulai sebelum usia 12 tahun meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Masa menopause anda dimulai setelah usia 55 tahun, anda akan memiliki kemungkinan lebih mengalami kanker payudara.


 Berikut Beberapa Gejala Awal Dari Adanya Penyakit Kanker Payudara :
  1. Benjolan Di Payudara. Jangan menyepelekan benjolan yang terdapat di payudara sekecil apapun itu. Umumnya, benjolan tidak terasa sakit dan ukurannya hanya sebesar kacang tanah. Tetapi, jika benjolan tersebut merupakan kanker lama-kelamaan ukurannya akan membesar. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara teratur. Jika ada benjolan yang mencurigakan segera periksa ke dokter.
  2. Perubahan Bentuk Dan Warna Pada Puting. Jika ada perubahan bentuk atau warna pada puting susu, Anda juga harus lebih waspada. Biasanya pada pasien kanker payudara puting tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah atau kecoklatan. Keadaan kulit pun mengkerut seperti kulit jeruk.
  3. Keluar Darah Dari Puting. Salah satu gejala kanker payudara adalah keluarnya darah dari puting. Warnanya pun tidak selalu merah bisa juga agak kecoklatan. Untuk itu jika puting mengeluarkan cairan berwarna, segeralah konsultasi ke dokter.
  4. Pembesaran Kelenjar Getah Bening. Pembesaran atau pembangkakan kelenjar getah bening juga salah satu gejala kanker payudara. Jika Anda menemui pembesaran getah bening di ketiak, bengkak pada lengan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.


Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk menyembuhkan penyakit tersebut . Semakin cepat terdeteksi , semakin baik . Kemungkinan mengobatinya lebih jika terdeteksi pada tahap awal . Tapi penyakit ini sangat sulit disembuhkan jika sudah masuk dalam stadium lanjut .
Ada banyak cara untuk mengetahui apakah Anda menderita kanker payudara . Beberapa diantaranya
adalah:
  • Pemeriksaan kesehatan payudara dan ketiak oleh dokter , setidaknya sekali dalam setahun 
  • Mammogram , terutama jika Anda berada di atas 40 tahun .
  • USG , dapat dilakukan secara terpisah atau dikombinasikan dengan tes lainnya .
  • BSE ( Pemeriksaan Payudara Sendiri ) .
  • Biopsi .
Demikianlah blogger tercinta bacaan kali ini mengenai  Penyebab Dan Cara Mendeteksi Adanya Kanker Payudara, semoga bermnfaat ya

Salam Baca Gratis !!

0 comments:

Post a Comment