My Advertiser

Penyebab dan Cara Mencegah Timbulnya Ketombe

PENYEBAB DAN CARA MENCEGAH TIMBULNYA KETOMBE, Upss Ketombe, pasti gatal bingits yak :D, untuk bacaan kali ini mengenai ketombe, apa sebab timbulnya ketombe dan bagaimana cara mencegahnya..

Penyebab dan Cara Mencegah Timbulnya Ketombe
Ketombe merupakan  kulit kepala yang terkelupas dalam jumlah kecil. banyak sebab terjadinya ketombe antara lain eksema, psoriasis dan infeksi jamur yang biasanya tidak disebut sebagai ketombe. Ketombe ini disebabkan oleh oleh dermatitis seboroika, peradangan ringan pada kulit kepala yang menyebabkan pengelupasan lapisan kulit digabung dengan gangguan kelenjar sebaseus (minyak) baik karena produksi minyak
yang berlebihan atau malah terlalu sedikit. Sebab dermatitis seboroika diduga karena sejenis jamur pityrosporum. Hingga kini penyebab datangnya ketombe masih diperdebatkan oleh para ahli. Ada yang menyebutkan ketombe adalah akibat peradangan di kulit karena adanya gangguan kelenjar minyak. Ada pula yang mengatakan ketombe muncul karena jamur P.Ovale berkembang biak secara berlebihan di kulit kepala kita.

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala Anda kering dengan serpihan putih yang berminyak ataupun sebaliknya. Kulit kepala Anda jadi berminyak dan bersisik. Jumlah ketombe di kepala pun ternyata bisa dikendalikan. Karena pada dasarnya pemicu munculnya ketombe bisa dari bermacam-macam hal. Diantaranya akibat stres, letih, malam keramas, terlalu banyak menggunakan produk rambut dan rambut Anda terlalu sering dicatok, blow, dikeringkan atau diwarnai.

dapat disebakan oleh beberapa hal diantaranya :

  • Dermatitis seboroik, merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Hal ini ditandai  dengan bersisik / mengelupasnya kulit yang di akibat oleh minyak atau lemak berlebih, dan Dermatitis seboroik salah satu penyebab umum munculnya ketombe dikulit kepala.
  • Psoriasis, penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih. Psoriasis juga merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.
  • Kulit kering, merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuk dengan penggunaan pengering rambut ( hair dryer ) dan kondisioner yang salah.
  • Infeksi jamur, dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh secara subur.
Cara Alami mencegah ketombe

Jeruk Nipis dan Santan. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan santan:
  • Ambil air jeruk nipis sekitar 100 ml lalu dicampur dengan santan segar.
  • Aduk hingga rata dan usapkan pada seluruh bagian kulit kepala. 
  • Pijat-pijat sebentar dan biarkan menyerap selama 30 menit, setelah itu keramas menggunakan shampo sampai bersih.
Lidah Buaya. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya:

  • Ambil satu lipat lidah buaya ukuran sedang, ambil dagingnya dengan cara mematahkannya
  • Setelah itu oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit
  • Terakhir keramas pakai shampoo.
Demikianlah blogger tercinta bacaan kali ini mengenai Penyebab dan Cara Mencegah Timbulnya Ketombe, semoga bermanfaat ya

Salam Baca Gratis !!!











0 comments:

Post a Comment