My Advertiser

Makanan Bergizi dan Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

MAKANAN BERGIZI DAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI, hi kita bertemu lagi nih rekan blogger, untuk bacaan kali ini saya mengangkat tema mengenai makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui, wah penting banget nih buat para calon ibu, yuk kita mulai'

Kita mulai dari pengertian gizi dan zat yang begizi untuk seperti apa ya ??

Makanan Bergizi dan Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Pengertian Gizi (nutrient) adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan (Almatsier, 2005). Menurut Sediaoetama, 1997 (dalam Santoso, 2004), gizi atau makanan merupakan bahan dasar penyusunan bahan makanan yang mempunyai fungsi sumber energi atau tenaga,  menyokong pertumbuhan badan, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mengatur metabolisme dan berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh.

Pengertian Gizi dan Zat Gizi Definisi Pada Makanan
Pengertian Zat gizi - Secara umum zat gizi kita kenal  ialah : karbohidrat atau hidrat arang, protein, atau zat putih telur, lemak vitamin-vitaimin dan mineral. Ada kelompok ahli yang menambahkan air oksigen dengan alasan ini belum diterima oleh semua ahli (Sediaoetama, 2000).

Makanan Sehat menjadi menu yang seharusnya dikonsumsi oleh setiap orang yang mendambakan hidup sehat secara alami. Untuk makanan sehat yang biasanya kita kenal dengan slogan 4 sehat 5 sempurna tercetus sudah sejak tahun 1950 dan sebagai pencetusnya yaitu Prof. Poerwo Soedarmo dikenal sebagai bapak gizi indonesia. Makanan Sehat yang dikonsumsi sebaiknya memiliki nilai gizi seimbang dengan susunan makanan yang mengandung jenis zat-zat gizi yang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya prisip makanan sehat bergizi adanya keanekaragaman dalam variasi menu makanan diimbangi aktivitas fisik, menjaga kebersihan dan berat badan yang proposional atau ideal. Makanan sehat mencangkup berbagai kebutuhan tubuh, baik itu makanan untuk pertumbungan dan perkembangan maupun makanan untuk mencerdaskan otak dan berbagai yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Jenis makanan bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan gizi bagi kesehatan, dengan mengenal jenis makanan bergizi tinggi ini tentunya anda dapat lebih yakin akan mengkonsumsi jenis makanan bergizi sehat yang tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh anda pada umumnya. Sumber makanan bergizi dari sayur-sayuran ini dapat dengan mudah anda temukan, selain mampu mencukupi kebutuhan akan gizi yang diperlukan tubuh, makanan bergizi ini tentunya dapat menjaga anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Menjaga kesehatan tentunya tidak hanya cukup dengan melakukan olahraga secara rutin, untuk dapat menjaga kesehatan lebih prima anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi tinggi agar vitalitas tetap dalam kondisi maksimal. Sumber makanan bergizi ini sebaiknya anda konsumsi secara rutin melalui menu harian anda. Beberapa jenis dari makanan bergizi ini juga dapat pula membantu anda dalam menjaga berat badan ideal.

MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI MENGANDUNG BERBAGAI ZAT YANG BERMANFAAT BAGI TUBUH KITA
  • KARBOHIDRAT • Karbohidrat (Hidrat arang) akan dipecah oleh tubuh menjadi sumber ENERGI
  • PROTEIN • Protein diperlukan sebagai zat PEMBANGUN tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak
  • LEMAK • Lemak sebagai cadangan energi dan pelarut vit.A D E K
  • VITAMIN DAN MINERAL • Menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh
  • AIR • Jangan lupa untuk mengonsumsi air 7-8 gelas/ hari
  • SERAT • Serat dapat diperoleh dari sayur dan buah, serat bermanfaat untuk menjaga pencernaan dan kesehatan
makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui, antara lain:
  • Telur. Telur merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil karena telur banyak memilili kandungan vitamin yang sangat melimpah, Telur juga kaya akan kolin, yang mampu meningkatkan pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, mencegah cacat syaraf, dan pengembangan penglihatan. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.
  • Kacang. Kacang merupakan makanan atau sayuran yang sangat baik untuk wanita hamil, karena kacang memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain memiliki kandungan protein, kacang juga memiliki serat alami yang membantu saluran pencernaan pada saat kehamilan.
  • Gandum. Makanan yang satu ini sagat baik sekali untuk wanita hamil, karena gandum memiliki kandungan tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan
  • Walnut. Bagi anda yang tidak suka mengkonsumsi ikan dan telur, walnut adalah pilihannya. Kandungan omega 3 yang sangat tinggi sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda.
  • Sayuran dengan Warna Daun Hijau Tua. Sayuran berwarna hijau tua memiliki kandungan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Contoh sayuran berwarna hijau tua adalah bayam.
  • Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna. Warna yang berbeda pada jenis buah-buahan atau sayuran memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dengan warna yang berbeda akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi.
  • Daging Tanpa Lemak. Daging merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan sangat penting bagi wanita hamil, maka dari itu carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Berhati-hatilah saat membeli daging segar karena pada nyatanya daging tanpa lemak susah di dapatkan.
Demikianlah artikel kali ini mengenai Makanan Bergizi dan Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui, semoga bermanfaat ya

Salam Baca Gratis !!

0 comments:

Post a Comment