My Advertiser

Demam Atau Panas Pada Bayi, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

DEMAM ATAU PANAS PADA BAYI, PENYEBAB DAN CARA MENGOBATINYA, untuk bacaan kali ini wajib dibaca oleh para ibu dimanapun berada agar lebih mengetahui ketika si kecil demam atau panas tidak panik. Ok, mari kita mulai baca ya :)

Demam Atau Panas Pada Bayi, Penyebab Dan Cara Mengobatinya
Seseorang demam ketika suhu tubuhnya 38 C atau lebih. Demam ini terjadi sebagai hasil dari respon kekbelan tubuh terhadap virus, bakteri, jamur, obat-obatan dan lain lain. Reaksi tersebut menghasilkan zat yang disebut priogen untuk kekebalan tubuh. Demam merupakan gejala umum dari infeksi.enting memahami Sistem Imunitas Tubuh. Panas Tubuh itu penting untuk melawan infeksi, asal jangan berlebihan. Ketika Anda merasa tidak enak badan, maka hal pertama kali yang sering Anda nilai adalah apakah tubuh Anda panas atau mengalami demam. Walaupun sebenarnya panas sendiri bukanlah penyakit itu sendiri, panas biasanya adalah tanda bahwa sesuatu sedang terjadi di dalam tubuh Anda.

Dan sebenarnya panas sendiri tidak selalu buruk. Panas memegang peranan dalam menolong tubuh untuk melawan serangan infeksi virus atau bakteri. Jadi panas adalah suatu respon tubuh untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Panas atau Demam terjadi bila pengambilan suhu tubuh melalui mulut (dibawah lidah) di atas 37.5ÂșC”. Biasanya demam sendiri diikuti oleh kondisi lainnya, seperti gejala dan tanda lainnya yang sering dapat membantu untuk menemukan penyebab dari terjadinya demam tersebut.

Beberapa upaya jika balita terkena demam atau panas :
  • Ukurlah suhu tubuhnya. Lakukan melalui ketiak, telinga atau anus. Jangan mengukur suhu tubuh bayi sehabis mandi, karena suhu yang terukur lebih rendah dari suhu sebenarnya.
  • Bila demam tidak terlalu tinggi (kurang dari 37,5 derajat celcius), tak perlu dikompres. Susukan saja sesering mungkin untuk mencegah terjadinya dehidarasi atau kekurangan cairan.
  • Bila demamnya tinggi (lebih dari 38 derajat Celsius) atau ia gelisah, hindarkanlah memberinya obat penurun demam sebelum Anda mengonsultasikannya dengan dokter. Buat nyaman dengan mengompresnya dengan air hangat di bagian ketiak dan lipatan pahanya.
  • Pakaikanlah baju yang tipis, hindarkan membedong atau membungkusnya dengan selimut. Usahakan agar bayi berada di ruangan yang nyaman, sirkulasi udaranya baik dan suhunya tidak pengap atau suhu ruang panas.
Atau untuk lebih rincinya :

  • Periksalah terlebih dahulu suhu badan si kecil. Gunakan termometer yang dilekatkan di ketiak,  mulut atau lewat dubur untuk bayi di bawah 6 bulan
  • Berikanlah asetaminofen jika anak anda berusia di atas 1 tahun sedangkan anak yang berusia 6 bulan ibuprofen (harus dengan resep dokter).
  • Kompreslah pada dahi anak dengan air dingin tapi terlalu dingin agar tidak kedinginan/menggigil
  • Lap sekujur tubuh  dengan spons mandi dan air hangat namun jika anak mengigil, segera hentikan.
  • Pakaikanlah baju dan selimut tipis.
  • Aturlah suhu ruangan yang nyaman sehingga anak tidak kepanasan atau tidak terlalu dingin.
  • Selalu jaga agar anak dari dehidrasi dengan menyediakan air, susu formula atau ASI pada balita.
  • Jika demam pada bayi yang berumur di bawah 6 bulan di atas 38° C maka perlu penanganan dokter segera.
Demikianlah bacaan kali ini mengenai  Demam Atau Panas Pada Bayi, Penyebab Dan Cara Mengobatinya, semoga bermanfaat ya

Salam Baca Gratis !!

0 comments:

Post a Comment