My Advertiser

Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan Dan Peraturan Permainan Golf

SEJARAH, TEKNIK DASAR, UKURAN LAPANGAN DAN PERATURAN PERMAINAN GOLF, hi rekan blogger tercinta :), untuk bacaan kali ini kita akan mengenal olahraga yang cukup mahal, Golf :). biasanya golf digemari oleh banyak pejabat dan kalangan pebisnis sih :).

Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan Dan Peraturan Permainan Golf
Sejarah Golf
Olahraga golf berasal dari Skotlandia sekitar tahun 1100-an. Penggembala Skotlandia memukul-mukul batu kecil hingga masuk ke lubang sarang kelinci di tempat yang sekarang menjadi The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews. Ada pendapat yang mengatakan bahwa golf ditemukan pertama kali di Skotlandia, tetapi pendapat ini belum pasti–asal usul olahraga ini masih diselubungi ketidakjelasan. Tentu saja lapangan-lapangan golf tertuadan klub-klub golf tertua di dunia berada di Skotlandia, dan di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Mexico, permainan ini dikontrol dari St. Andrews di Skotlandia. The Royal and Ancient Golf Club of St. Andrews, yang tetap menjadi sebuah klub anggota privat, mengendalikan aturan permainan, menyetujui perubahan peralatan, dan mengelola Kejuaraan Terbuka dan Kejuaraan Amatir.

Dalam sejarahnya, Golf dikhususkan untuk pria. Oleh karena itu muncul mitos bahwa nama golf berasal dari singkatan “Gentlement Only Ladies Forbidden.”

Sebuah permainan mirip seperti golf pertama kali disebutkan dalam Dongxuan Record (China), sebuah buku China abad ke 11. Juga disebutkan pada 26 Pebruari 1297 di Netherland disebuah kota bernama Leonen aan de Vecht. Disini Belanda memainkan permainan dengan tongkat dan bola kulit, dimana seseorang memukul bola dengan suatu target ratusan meter jauhnya berkali-kali yang memperoleh pukulan terbanyak sebagai pemenang.

Nah di atas adalah sekilas mengenai sejarah golf

Teknik Dasar Golf
Gunakan Driving Range karena disanalah tempat pegolf berlatih baik untuk practising Golf Course (dari mulai belajar memukul bola, berlatih mengarahkan bola sampai untuk mencoba Hotel Golf club yg baru).

Tee adalah suatu plastik kecil yang berguna untuk menyangga bola agar dapat melayang diatas permukaan sehingga dapat mudah dipukul saat Teeing Off (pukulan awal). Apabila kita berlatih menggunakan Wood 3 keatas atau Iron umumnya tidak membutuhkan Tee tetapi seperti kita ketahui bahwa bila kita berlatih Golf Course menggunakan Driver (atau Wood 1) atau bagi para pemula dalam menggunakan Iron sekalipun maka maka Tee tetap diperlukan (Hotel Golf).

cara lebih mudah yang tujuannya adalah menaruh bola pada Tee dengan TANPA MEMBUNGKUK SAMA SEKALI dan AMAT MUDAH. Yang tentunya bisa anda coba karena cara ini telah berhasil pada banyak orang yang mencobanya.
Gunakan petunjuk berikut
  • Untuk awalnya gunakan Iron club (club = stick) yang nomor berapapun terserah anda, tergantung yang akan anda gunakan saat itu. Tetapi bagi pemula untuk practising cara ini akan lebih mudah menggunakan nomor besar spt 7, 8 atau 9 karena kemiringannya lebih landai
  • Tempatkan bola (Hotel Golf Course) dari container ke arah depan Tee. Lakukan hal tsb menggunakan Iron club tersebut. Bila anda telah lancar dengan cara ini maka anda bisa juga menempatkannya dibelakang Tee.
  • Pijakan Kaki kanan anda disebelah kiri Tee dengan jarak kira-kira 2cm dari Tee. Taruh club anda pada sebelah kanan Bola
  • Dengan menggunakan club tersebut geser atau raup bola kearah kaki anda sampai bola terjepit dan coba angkat sedikit bola tsb (seperti anda menyendok)
  • Sambil tetap menjepit bola pada kaki gelindingkan bola tsb keatas Tee lalu turunkan perlahan
  • Karena unsur club dari head sampai shaft (kecuali grip) terbuat dari bahan keras (steel, titanium, graphite, carbon dll) pasti saat menurunkan bola (Hotel Golf Course) pada Tee tsb anda akan merasakan getarannya saat bola terletak pas pada Tee (hal itu juga terlihat secara kasat mata
  • Ayun club anda (perlahan) kearah kanan dan geser kaki anda kearah kiri. Intinya adalah tinggalkan / lepaskan bola yang sudah terpasang pada Tee.
  • Kini bola telah siap kamu pukul.
Ukuran lapangan dan Peraturan Permainan Golf
Olahraga golf dimainkan di suatu lahan yang dirancang secara khusus. Lahan ini biasa disebut lapangan golf atau padang golf (golf course). Suatu padang golf memiliki sejumlah lubang (hole) yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. Satu ronde biasanya terdiri atas 18 lubang. Dalam golf ada dua jenis permainan: stroke play dan match play. Pukulan pertama dipukul dari teeing ground kecuali pada permainan yang disebut foursomes (dua tim yang terdiri dari dua orang berkompetisi). Anggota dari setiap tim memukul bergantian dengan menggunakan satu bola.

Pukulan-pukulan selanjutnya dipukul dari posisi bola terakhir mendarat. Pukulan pertama dari teeing ground disebut tee shot. Pukulan untuk mencapai green disebut approach. Selanjutnya pukulan di green untuk menggulirkan bola ke lubang disebut putting. Bila pemain berhasil memasukkan bola ke lubang tidak dari green, maka pukulan itu disebut chip-in.

Dalam golf yang diincar adalah jumlah pukulan sesedikit mungkin. Pemain harus memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan yang sedikit. Makin sedikit makin baik.

Pemain biasanya berjalan di lapangan untuk memukul bola selanjutnya, sendirian ataupun dalam suatu grup yang terdiri dari dua, tiga, atau empat orang. Pemain juga biasanya didampingi seorang caddy (caddie). Caddy bertugas membawa peralatan pemain dan membantu pemain menyelesaikan suatu hole dengan memberi saran.

Skor

Skor dalam golf berbeda dengan skor dalam permainan lain. Pemain menang bila mendapat skor yang sedikit (bahkan hingga minus). Berbeda dalam sepak bola atau bola basket yang menentukan grup dengan skor terbanyak sebagai pemenang. Tabel skor golf:

Istilah papan skor
  • -3 = double-eagle (albatross) = tiga pukulan di bawah par
  • -2 = eagle = dua pukulan di bawah par
  • -1 = birdie = satu pukulan di bawah par
  • 0 = par =jumlah pukulan sama dengan par
  • +1 = bogey = satu pukulan di atas par
  • +2 = double bogey = dua pukulan di atas par
  • +3 = triple bogey = tiga pukulan di atas par
Hole in one yaitu memasukkan bola dari teeing ground ke lubang dalam satu kali pukulan. Biasanya hole in one hanya terjadi pada hole ber-par 3

Nah demikian rekan blogger bacaan kali ini mengenai Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan Dan Peraturan Permainan Golf. Semoga bermanfaat :)

Berikut saya sertakan videonya, biasa saya ambil dari youtube ya :)
Salam Baca Gratis !!

0 comments:

Post a Comment