My Advertiser

Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis, Ciri-Ciri Atau Gejalanya Serta Penyebabnya

PENYAKIT DIABETES ATAU KENCING MANIS, CIRI-CIRI ATAU GEJALANYA SERTA PENYEBABNYA, Hi rekan blogger jumpa lagi :), tentunya sudah pada tahu penyakit kencing manis atau diabetes khan, yuk kita baca

Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis, Ciri-Ciri Atau Gejalanya Serta Penyebabnya
Tentang Diabetes atau Kencing Manis
Menurut sumber wikipedia Insulin adalah sejenis hormon jenis polipeptida yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Fungsi utama insulin ialah untuk menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan bertindak meningkatkan pengambilan glukosa oleh sel badan. Kegagalan tubuh untuk menghasilkan insulin, atau jumlah insulin yang tidak mencukupi akan menyebabkan glukosa tidak dapat masuk ke dalam tubuh dan digunakan oleh sel-sel dalam tubuh (tidak terserap oleh sel-sel dalam tubuh). Dengan demikian glukosa meningkat di dalam darah menyebabkan berlakunya penyakit kencing manis juga dikenal sebagai Diabetes Melitus. Diabetes Mellitus (DM) atau sering disebut Penyakit Kencing Manis adalah penyakit yang akhir-akhir ini semakin banyak dijumpai. Penyakit Diabetes Melitus  juga sering kita sebut dengan istilah kencing manis atau penyakit gula darah. Penyakit yang satu ini termasuk jenis penyakit kronis yang tanda awalnya yaitu meningkatnya kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Organ tubuh yang terganggu adalah pankreas yang mana sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pankreas sudah tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam memenuhi kebutuhan tubuh.

Ciri-Ciri Atau Gejala Diabetes
Untuk mereka yang memiliki riwayat keluarga Diabetes kemungkinan besar akan juga menderita Diabetes, namun penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang yang mempunyai riwayat Diabetes saja, setiap orang dapat saja mengalami penyakit ini, dikarenakan kolesterol yang tinggi, kegemukan, hipertensi dan kurangnya beraktifitas fisik seperti olahraga.
Gejala Penyakit Diabetes Mellitus Gejala diabetes bervariasi berdasarkan jenis diabetes yang anda miliki. Jika anda memiliki prediabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal tapi belum cukup dikategorisasikan sebagai diabetes) atau gestational diabetes (gula darah yang meningkat saat kehamilan) mungkin tidak akan mengalami gejala.
  • Tipe1 (pada anak-anak) Mengenali gejala diabetes tipe satu pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejalanya sering salah dikira penyakit flu. Selain itu gejalanya terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Biasanya memiliki gejala awal sebagai berikut: Sering buang air kecil, hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah ; Banyak minum; Berat badan berkurang, tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik; Mudah lelah, karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.
  • Tahap Lanjut :  Berat badan turun dengan cepat; Sering Kesemutan, gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang; Luka yang sulit sembuh, gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk. Jika sudah sampai tahap ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkannya.
  • Pada Wanita ; Infeksi vagina yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang, meskipun telah mendapatkan pengobatan; gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar; Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome; Keseimbangan hormon terganggu yang akan menganggu sistem reproduksi; Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibanding pria
Penyebab Kencing Manis
Selain fakor genetika juga terjadi sebab berikut ini :
  • Malas bergerak
  • Banyak konsumsi :  sirup, air bersoda, roti dan cake
  • Kurang Tidur
  • Kebiasaan Merokok
  • Stress atau depresi


Jika penyakit diabetes melitus dibiarkan tanpa penanganan yang serius maka dapat memicu terjadinya komplikasi seperti :
  • Terjadinya gagal ginjal
  • Terjadinya kebutaan
  • Gangguan sistem saraf
  • Penyakit stroke
  • Gangguan ereksi pada pria
  • Penyakit jantung
  • Sangat rentan terhadap infeksi
  • Gangguan kardiovaskular (sistem peredaran darah)
  • Memungkinkan mengalami amputasi
Nah demikian lah bacaan mengenai Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis, Ciri-Ciri Atau Gejalanya Serta Penyebabnya. Semoga bermanfaat ya :)

Salam Baca Gratis !!

0 comments:

Post a Comment