My Advertiser

Pengertian Motherboard Komputer Serta Fungsi, Ciri-Ciri Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

PENGERTIAN MOTHERBOARD KOMPUTER Serta FUNGSI, CIRI-CIRI KERUSAKAN Dan CARA MEMPERBAIKINYA. pada artikel sebelum kita telah membaca sejarah komputer bukan ?? Nah sekarang kita baca mengenai bagian dari itu komputer itu sendiri. Kita mulai dari Motherboard ya ??

Kita memulainya dari pengertian Motherboard pada komputer
Pengertian Motherboard Komputer Serta Fungsi, Ciri-Ciri Kerusakan dan Cara Memperbaikinya. Kita mulai dari Pengertian Motherboard ya
Pengertian Motherboard
Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer. Motherboard atau Mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainrboard.Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Jenis-jenis Mainboard Jenis Mainboard yang ada saat ini bermacam-macam, ada yang jenis mainboard AT baby / AT, ATX, BTX dan ITX, nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya ya :). sabar :D.  Dengan kata lain Motherboard adalah papan sirkuit utama dari komputer (personal komputer). Motherboard juga dikenal dengan istilah Mainboard atau ada yang menyebutnya dengan istilah Mobo. Perusahaan terkemuka dunia yaitu Apple memiliki istilah tersendiri untuk menyebut Motherboard yaitu dengan istilah Logic Board. Kita anak menemukan Motherboard ketika membongkar komputer kita dan apa bila ada komponen yang ukurannya lebih besar dari komponen lain itu adalah Motherboard.

Nah itu adalah Pengertian Motherboard, sekarang kita akan baca mengenai fungsi motherboard ya
Fungsi Motherboard
Fungsi Mainboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain.
Contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard. Cara kerja Motherboard yakni : Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer. Bagian-Bagian Motherboard yang paling penting adalah konektor, karena konektor berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat lain. Selain itu ada juga bagian-bagian motherboard yang lain, yaitu Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor. Fungsi motherboard ini juga berbeda-beda. Jadi fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi. Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory dan prosesor dan mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, AGP, dan fungsi I/O lainnya.

Di atas adalah fungsi motherboard, sekarang kita baca mengenai ciri ciri kerusakan pada komputer yuk
Ciri-Ciri Kerusakan pada Motherboard
Sebelum kita bahas kerusakan pada motherboard yuk kita liat beberapa bagian dari motherboard
  1. Northbridge dan Southbridge. Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory dan prosesor dan mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, AGP, dan fungsi I/O lainnya.
  2. Chipset Bios berfungsi untuk mengatur tanggal, bulan, tahun, jam, harddisk, dvdrom, booting device dan lain-lain.
  3. I/O Ports. I/O ( Input/Output ) ports merupakan bagian mainboard untuk berinteraksi dengan user melalui media peripheral I/O seperti keyboard, mouse, printer, dan lain sebagainya. Kebanyakan mainboard zaman sekarang selalu memiliki interface PS/2, USB, LPT, PCI, dan Serial. Kesemua ports tersebut memiliki karakteristik dan fungsi tersendiri. Intinya untuk memudahkan user berinteraksi dengan computer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya.
Jadi ada beberapa Ciri dari Kerusakan Motherboard :
  • Sering terjadi hang
  • Pembacaan data menjadi lambat
  • CMOS failuer
  • Tidak bisa booting
  • Suara bip panjang berkali-kali
  • Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan atau bip dua kali
  • I / O disk error
  • Floppy disk failuer
  • Motherboard mereset sendiri
  • Kapasitas harddisk tidak normal
  • On board tidak jalan
  • Tampilan di layer ada huruf yang berkedip-kedip atau muncul garis
  • Mouse tidak berfungsi
  • Motherboard blank
Nah dari ciri di atas yuk kita baca cara memperbaiki bagaimana ??
Memperbaiki Motherboard
  • Sering terjadi hang, Penyebabnya yang umum adalah : Memory tidak cocok, virus di harddisk, Over Clock, bad sector di harddisk bagaimana solusinya : Ganti Memori, Scan harddisk, Seting kembali clock prosesor, Partisi harddisk dengan benar
  • Pembacaan data menjadi lambat Penyebabnya yang umum adalah : Memory tidak cukup, Harddisk penuh atau ada virus bagaimana solusinya : Tambah Memori, Kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau ganti dengan harddisk yang kapasitasnya yang lebih besar.
  • CMOS failure Penyebabnya yang umum adalah : Penyebab : Baterai habis, Seting BIOS berubah bagaimana solusinya : Ganti baterai CMOS, Seting kembali BIOS
  • Tidak bisa booting Penyebabnya yang umum adalah : Cache memory rusak, Memori tidak cocok, Boot sector pada harddisk rusak, Ada bad sector pada trek awal harddisk bagaimana solusinya : Disable eksternal cache memory di BIOS, Ganti Memori, Masukkan operating system baru, Partisi harddisk
  • Suara bip panjang berkali-kali Penyebabnya yang umum adalah : Memory rusak, Memori tidak cocok, Memori tidak masuk slot dengan sempurna bagaimana solusinya : Periksa kedudukan memori, Ganti memori, Periksa kembali kedudukan memori.
  • Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan atau bip dua kali Penyebabnya yang umum adalah : VGA card rusak, Slot VGA tidak terpasang sempurna bagaimana solusinya : Ganti VGA card, Periksa kedudukan VGA.
  • I / O disk error Penyebabnya yang umum adalah : Sistem di harddisk rusak bagaimana solusinya : Perbaiki harddisk.
  • Floppy disk failure Penyebabnya yang umum adalah : Penyebab : I/O rusak, Floppy rusak, Kabel floppy putus, Tegangan power suplai tidak cukup bagaimana solusinya : Ganti I/O, Periksa floppy, Periksa kabel floppy, Periksa tegangan power suplai ke floppy.
  • Motherboard mereset sendiri atau tidak bisa booting Penyebabnya yang umum adalah : Power suplai tidak normal, Motherboard kotor (berdebu) bagaimana solusinya : Ganti power suplai (dengan daya yang lebih besar), Bersihkan.
  • Kapasitas harddisk tidak normal Penyebabnya yang umum adalah : Setting jumper I/O tidak benar bagaimana solusinya : Periksa setting jumper I/O harddisk.
  • On board tidak jalan Penyebabnya yang umum adalah : On board rusak, Setting on board tidak benar bagaimana solusinya : Ganti dengan card, Periksa setting on board.
  • Tampilan di layer ada huruf yang berkedip-kedip atau muncul garis Penyebabnya yang umum adalah : VGA card rusak bagaimana solusinya : Ganti VGA card.
  • Mouse tidak berfungsi Penyebabnya yang umum adalah : Mouse rusak, On board mouse rusak, Setting mouse tidak benar, Driver mouse tidak cocok, Mouse tidak terdeteksi, Kabel mouse tidak sesuai bagaimana solusinya : Ganti mouse, Ganti dengan card, Periksa kembali setting mouse, Periksa driver mouse, Set up ulang mouse, Cocokkan kabel mouse untuk on board.
  • Motherboard blank (tidak ada reaksi sama sekali) Penyebabnya yang umum adalah : Bios rusak, Prosesor terbakar, Regulator jebol, Chipset rusak, IC reset rusak, IC clock rusak, Setting jumpers over clock, Memori rusak, Power Suply mati, Soket PC longgar bagaimana solusinya : Upgrade BIOS dengan tipe yang sama, Ganti prosesor, Ganti IC regulator, Ganti IC chipset, Ganti IC reset, Ganti IC clock prosessor, Setting kembali clocknya, Ganti memori, periksa PS, periksa slot/ soket PC.
Nah Demikian lah bacaan kali mengenai Pengertian Motherboard Komputer Serta Fungsi, Ciri-Ciri Kerusakan dan Cara Memperbaikinya. semoga manfaat ya :)

Untuk videonya biasa saya ambil dari youtube ya, Selamat nonton :D


Salam Baca Gratis !!!

0 comments:

Post a Comment