My Advertiser

Berbagai Jenis Aplikasi Chatting dan Kelebihan serta Kekurangannya di Smartphone

BERBAGAI JENIS APLIKASI CHATTING DAN KELEBIHAN SERTA KEKURANGANNYA DI SMARTPHONE, tentunya bagi rekan blogger tidak asing khan yang namanya Whatsapp, Line, KakaoTalk, WeChat serta BBM ya :), yuk ah kita mulai saja mengenal aplikasi chatting/IM ini..

Untuk yang pertama saya akan mulai dari Whatsapp

Berbagai Jenis Aplikasi Chatting dan Kelebihan serta Kekurangannya di Smartphone. Kita mulai dari Whatsapp ya
Whatsapp
WhatsApp merupakan aplikasi dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini gatis pada awalnya, tetapi kedepannya berbayar. Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Berbeda dengan BBM yang menggunakan nomor PIN. Karena berbasis nomor ponsel inilah, tak sedikit yang mengeluhkan pengguna nomor tak dikenal yang tiba-tiba bisa mengirimkan pesan. Group chat dibatasi hanya 30 nomor, hanya admin yang bisa menambahkan nomor atau teman lainnya.
  • Kelebihan WhatsApp terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar yang membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun. Bisa digunakan di perangkat Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone.
  • Kekurangan WhatsApp adalah  harus berbayar setiap tahun sekali.
Untuk selanjutnya adalah aplikasi Line IM
Line
LINE adalah aplikasi messenger yang sangat bagus dan perkembangannya juga sangat cepat,banyak fitur-fitur yang tidak ada di aplikasi serupa yang lain tapi ada padanya,benarkah itu? mari kita bahas.

LINE sendiri dikembangkan Oleh NAVER yaitu pengembang asal jepang, yaitu aplikasi messenger seperti BBM,whatsapp,dll. Untuk saat ini LINE baru bisa berjalan di OS IOS dan Android,Semoga kedepannya bisa Berjalan di OS yang lain seperti Whatsapp. dan jika begitu apa kelebihan dan kekurangan Aplikasi LINE dibanding Aplikasi Messenger yang lain?

Kelebihan LINE :
  • LINE memberikan layanan free call untuk dapat bertelphone gratis antar sesama pengguna LINE tanpa dipotong biaya pulsa,hanya menggunakan data internet
  • Grup Messenger bisa sampai 100 anggota
  • LINE mempunyai nomor telphone sebagai Account ID seperti Whatsapp,tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang meng-invite ID kita dan menyembunyikan nomor telphone kita jika itu privacy
  • Selain itu LINE juga menyediakan Add friend melalui QR code dapat dibuat gratis melalui LINE,sesuatu yang jarang di aplikasi serupa.
  • LINE selain menyediakan emoticon dan autotext juga menambah tambahan baru yaitu Stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan expresi lebih banyak dan besar,dan juga ringan.
  • LINE menyediakan fitur Block/Black List ID atau No HP yang tidak kita inginkan, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan kita.
  • LINE memungkinkan digunakan di OS Windows/MacOS, jd yang belum mempunya Smartphone Ber OS IOS (Iphone) atau Android bisa Coba lewat PC
Kekurangan LINE :
  • Koneksi Data dari LINE masih belum terlalu stabil, masih belum sebaik whatsapp dalam mengirim dan menerima data.
  • Untuk fitur Call akan berjalan lancar jika jalur data minimal 3G/HSDPA.
    Belum bisa untuk OS, winphone, symbian dan BB. (tergantung menurut agan,apakah ini kekurangan atau kelebihan).
Ok rekan blogger selanjutnya mari kita mengenal KakaoTalk IM
KakaoTalk
Tidak terlalu banyak data yang saya dapatkan mengenai IM yang satu ini, tapi adalah sedikit :)
KakaoTalk

Adalah layanan Mobile Instant Messaging berasal dari Korea Selatan. Hanya saja Fitur KakaoTalk tidak terlalu banyak seperti IM yang lain dan emoticon bisa dibeli tetapi hanya berlaku selama 90 hari saja

  • Kelebihan KakaoTalk layanan Telpon ke sesama pengguna tanpa batas
  • Kelemahan KakaoTalk Fiturnya tidak terlalu banyak
Selanjutnya adalah WeChat IM
Wechat 
Sama dengan KakaoTalk saya sedikit sekali memperoleh informasi mengenai IM yang satu ini :D

Dengan fitur yang diklaim lebih lengkap. Fitur seperti berbagi pesan, VoiP dan emoticon sudah pasti ada di WeChat. Namun soal emoticon dirasa kurang banyak dan terlalu mainstream. Berbagi aktivitas pun bisa dilakukan seperti layaknya Line. Agak beda adalah fitur Look Around, yang memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada.

  • Kelebihan: Fitur Look Around dan switch ke PC yang mudah. Terlepas dari fitur standar lainnya.
  • Kekurangan: Kurang memuaskan dari segi karakter dan ekspresinya.
 Yang terakhir adalah Blackberry IM
Blackberry IM
Nah untuk yang satu ini, dibenci tapi dirindukan :D, yah memang karena aplikasi BBM ini sudah merambah pada ponsel IOS dan Android,
Aplikasi BlackBerry Messenger ( BBM ) memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana pada aplikasi lain pada umumnya :

Kelebihan Aplikasi BlackBerry Messenger ( BBM ) :
  • Fitur BBM Screen Share sehingga dapat berbagi dengan teman apa yang sedang di lakukan pada ponsel. Antara lain : berbagi foto, browser, dan kamera sehingga tampak sedang melakukan video call yang pastinya pada ponsel harus memiliki kamera depan agar fitur ini dapat lebih baik di pergunakan.
  • Fitur BBM Voice Fitur ini cukup mengucapkan maka BBM langsung merubahnya menjadi kata-kata untuk dikirim ke lawan bicara, hal yang cukup menarik khusus yang malas mengetik pada layer sentuh atau keypas ponsel.
  • BBM Connected Apps fitur BBM yang ini kamu dapat melakukan chat sambil menggunakan aplikasi yang sedang di nikmati dan juga mengundang untuk memakai aplikasi tersebut akan tetapi untuk saat ini belum banyak yang mendukung untuk aplikasi dengan fitur BBM ini.
Kekurangan Aplikasi BlackBerry Messenger ( BBM ) :
  • Tidak tersedia fitur status Online dan Offline
  • List contact pada BBM terbilang unik karena tidak dapat melihat status online dan Offline pada list contact.
  • Masih kurang stabil beberapa keluhan terkadang tidak stabilnya BBM, bisa jadi dari server atau jaringan providernya.

Nah demikianlah para pembaca blogger yang setia dengan blog ini :), sedikit informasi mengenai  Berbagai Jenis Aplikasi Chatting dan Kelebihan serta Kekurangannya di Smartphone
Untuk terakhir bacaan yuk kita tonton video ini, yang saya ambil dari youtube
Salam Baca Gratis !!!

0 comments:

Post a Comment