My Advertiser

23 APRIL Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia

Para Pembaca Blogger yang budiman.

Pada tanggal 23 April kemarin merupakan HARI BUKU dan HAK CIPTA SEDUNIA. begitu juga blog ini lahir setelah di-ilhami dengan hari tersebut :). kenapa harus tanggal 23 April sih, bukan, tanggal-tanggal yang lainnya saja ? tentunya untuk menentukan hari tersebut bukan tanpa dasar. Hari tersebut dipilih sebagai penghormatan atas seorang penyair terkenal William Shakespeare dan Novelis Migue De Cervantes yang meninggal pada hari tersebut.

Tentunya para pembaca bagi yang belum mengetahui siapa Mereka, berikut sedikit cuplikannya :

William Shakespeare
William Shakespeare lahir di Inggris, 26 April 1564, dikenal sebagai sastrawan Inggris terkenal pada masa itu.Ia menulis diantara tahun 1583 sampai dengan 1613. Daftar karyanya antara lain : TRAGEDI : Romeo dan Juliet, Macbeth, King Lear, Hamlet, Othello, Titus Andronicus, Julius Cesar, Anthony dan Cleopatra, Coriolanus, Trolius and Cressida, Timons of Athens,
KOMEDI : The Comedy of Errors, All's Well That Ends Well, As You Like It, A Midsummer Night's Dream, Much Ado About Nothing, Measure for Measure, The Tempest, Taming of the Shrew, Twelfth Night, or What You Will, The Merchant of Venice, The Merry Wives of Windsor, Love's Labour's Lost, The Two Gentlemen of Verona, Pericles Prince of Tyre, Cymbeline, The Winter's Tale
SEJARAH : Richard III, Richard II, Henry VI, part 1, Henry VI, part 2, Henry VI, part 3, Henry V, Henry IV, part 1, Henry IV, part 2, Henry VIII, King John
PUISI : Shakespeare's Sonnets, Venus and Adonis, The Rape of Lucrece, The Passionate Pilgrim, The Phoenix and the Turtle, A Lover's Complaint.


Migue De Cervantes

Migue De Cervantes lahir di Spanyol, 29 September 1547, meninggal di Madrid 22 April 1616, lewat novel yang berjudul Don Quixote de la Mancha (Don Kisot) dia menjadi terkenal. Karyanya yang lain : NOVEL : La Galatea (1585), El ingenioso hidalgo don Quijote de la Mancha I (Don Kisot), Novelas ejemplares antara lain : La Gitanilla (Gadis Gitana), El Amante Liberal (Kekasih yang murah hati), Rinconete y Cortadillo, La Española Inglesa (Putri Inggris Spanyol), El Licenciado Vidriera (Perjaka transparan), La Fuerza de la Sangre (Kuasa darah), El Celoso Extremeño (Lelaki tua cemburuan dari Extremadura), La Ilustre Fregona (Pelayan dapur yang terkemuka), Novela de las Dos Doncellas (Novel tentang dua pelayan), Novela de la Señora Cornelia (Novel tentang Putri Cornelia), Novela del Casamiento Engañoso (Pernikahan yang penuh tipu daya), El Diálogo de los Perros (Dialog anjing-anjing), Segunda parte del ingenioso caballero don Quijote de la Mancha (Don Kisot - bagian kedua dari kisah tentang ksatria yang trampil, Don Kisot dari la Mancha) (1615), Los trabajos de Persiles y Segismunda, historia septentrional (Karya-karya Persiles dan Sigismunda: Sebuah Cerita Utara) (1617).

Nah mereka-mereka itulah yang menginspirasi adanya HARI BUKU dan HAK CIPTA SEDUNIA. adapun bidang yang membawahi ini di PBB yaitu UNESCO, pembaca blogger mungkin ada yang belum tahu ya UNESCO itu singkatan atau kepanjangan dari apa ?

UNESCO
UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, atau dalam Bahasa Inggrisnya nih United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Salah satu dari badan khusus PBB yang menangani seperti tersebut di atas. Bermarkas di Perancis dengan anggota 191 negara, UNESCO memiliki program utama melalui pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial & manusia, budaya, serta komunikasi & informasi.





Bagaimana dengan pemerintah kita, Pemerintah Republik Indonesia juga mempunyai program membaca yaitu "GEMAR MEMBACA". tugas ini diserahkan kepada PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia).








Ada juga loh iklannya biar kita semangat dalam membaca buku, iklan ini saya ambil dari youtube yang dibuat 5 tahun yang lalu :).. simak aja ya
Motivasi untuk para blogger agar semangat dalam membaca "Bacalah Bukumu, Niscaya akan Kautemui Permata Hidupmu" by Saya Sendiri "Lina" :)

Ayo tumbuhkan semangat membaca dengan adanya HARI BUKU dan HAK CIPTA SEDUNIA..

Nantikan artikel selanjutnya yang berjudul HAK CIPTA ya..
Terima Kasih sudah mampir untuk membaca gratis di TOKO BACAAN GRATIS sampai jumpa !!..

Salam Baca Gratis

0 comments:

Post a Comment