My Advertiser

Antara Smartphone dan Handphone Biasa, Apa Perbedaannya ?

ANTARA SMARTPHONE DAN HANDPHONE BIASA, APA PERBEDAANNYA ? Hi rekan blogger untuk bacaan kali ini mari kita baca mengenai perbedaan Smartphone dan Handphone yuk..

Antara Smartphone dan Handphone Biasa, Apa Perbedaannya ?
Pada kenyataannya, belum ada standard pengertian tentang Smartphone. Smartphone sering di artikan sebagai Handphone yang memiliki kemampuan dan kecanggihan yg lebih unggul dari pada Handphone Biasa. Minimum bisa disebut sebagai Smartphone jika bisa digunakan untuk browsing internet. Versi terakhir Smartphone memiliki connectivity yg sangat lengkap;
  • infrared, 
  • bluetooth, 
  • wifi, dan 
  • mini USB port. 
  • Memory upgradable sampai mencapai gigabity. 
Jadi Smartphone mirip dengan Mini Personal Computer dengan beberapa keterbatasan yg dilengkapi dengan Handphone. Biasanya ada OS (Operating System tersendiri yang didukung oleh banyak developer, seperti :
  • windows mobile oleh microsoft, 
  • symbian oleh nokia,
Sedangkan untuk Handphone Biasa, OS dari pembuatHandphone tersebut, misal : nokia s40. Sedangkan kelebihan Smartphone mungkin lebih banyak aplikasi pendukung dari pihak ketiga, lebih bisa Multitasking, sedangkan Handphone Biasa biasanya agak kurang aplikasinya tapi tetap ada seperti :  java. 

Seperti nama nya Smartphone berarti Handphone pintar. Yang menjadikan nya beda terhadap Handphone Biasa dan PDA adalah :
  • Kemudahan dalam hal pengoperasian
  • Sistem operasi (OS)
  • Desain fisik
  • Kualitas audio
  • Masa pakai baterai
  • Utilitynya

Sebenarnya pada saat ini ada dua point yang harus dimiliki sebuah Handphone yang cukup jika ingin dimasukkan dalam kategori Smartphone, kedua point tersebut :
  • Versatility. Versatility atau kemampuan untuk menjalankan keaneka ragaman fungsi oleh karena alasan ini maka vendor pembuat smartphone membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk membuat program tambahan lainnya agar smartphone tersebut bisa lebih berguna dan dapat lebih sering digunakan sebenarnya setiap vendor Handphone telah memiliki OS mereka sendiri tapi kebanyakan OS tersebut bersifat proprietary atau OS khusus dan hanya dimengerti oleh vendor itu sendiri, salah satu contoh OS proprietary adalah S40 (Series 40) dari Nokia maka semua Handphone Nokia yang termasuk dalam kategori S40 adalah Bukan Smartphone karena tidak bisa di tambah program lain selain dari Nokia sendiri, hal ini membuat S40 memiliki fungsi yang sangat terbatas, sedangkan OS yang bukan bersifat proprietary adalah OS umum yang artinya banyak dipakai oleh banyak vendor Handphone, contohnya adalah Palm, Symbian, MS Pocket PC dan Linux. Ada ratusan bahkan ribuan pihak ketiga yang telah membuat beraneka ragam fungsi program untuk OS umum, hal ini membuat sebuah Smartphone bisa berumur panjang karena banyak kemungkinan untuk bisa melakukan upgrade atau menambah program agar fungsi fungsi nya bisa bertambah banyak dan tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi baru.
  • Capacity. Capacity atau kapasitas penyimpanan (memori), dahulu banyak Handphone yang menggunakan OS Palm tapi tidak memiliki media penyimpanan luar sehingga walaupun bisa di isi program tapi tidak bisa di isi banyak karena keterbatasan memori, Nokia 7650 yang menggunakan OS Symbian dulu bisa dikatakan sebagai sebuah Smartphone tapi sekarang rasanya sedikit kurang disetujui jika tetap menyandang sebutan Smartphone karena memori internal nya hanya 4 mb saja dan tidak memiliki slot memori luar, hal ini membuat N7650 memiliki kemampuan yang sangat terbatas, jika sebuah vendor menyebut Handphone mereka sebagai Smartphone karena memiliki fungsi yang banyak dan tetap bisa di isi banyak aplikasi lain tapi tidak memiliki slot memori luar dan hanya memiliki memori internal sebanyak 128 mb saja maka mungkin banyak orang yang kurang setuju digunakannya kata Smartphone untuk handphone tersebut, kata "percuma" sering dilontarkan banyak orang karena kata "smart" yang disandangnya hanya berumur pendek karena kemungkinan besar setelah 3 tahun maka banyak program lain yang tidak bisa digunakan karena kurangnya kapasitas memori.
Secara global paket dalam Smartphone yaitu :
  • Sistem Operasi. Secara umum, smartphone memiliki sistem operasi yang memungkinkannya menjalankan berbagai aplikasi. iPhone Apple memiliki sistem operasi iOS, BlackBerry menggunakan OS BlackBerry. Selain itu, dikenal pula sistem operasi lain seperti Google Android OS, WebOS HP, dan Microsoft Windows Phone.
  • Apps. Sementara hampir semua ponsel memiliki beberapa jenis perangkat lunak, smartphone memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Smartphone memungkinkan Anda membuat dan mengedit dokumen Microsoft Office – atau setidaknya melihat file. Smartphone juga memiliki kemampuan men-download berbagai aplikasi seperti software keuangan, personal assistant, dan banyak lagi. Smartphone mungkin juga dilengkapi dengan GPS dan kemampuan editing foto serta memutar musik.
  • Web Access. Smartphone dapat mengakses internet pada kecepatan yang lebih tinggi, berkat pertumbuhan 4G dan jaringan data 3G, serta penambahan dukungan Wi-Fi untuk banyak handset.
  • Keyboard QWERTY atau KALQ. Smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan keyboard QWERTY atau KALQ. Keyboard QWERTY bisa berbentuk fisik maupun virtual (diketik melalui layar sentuh).
  • Messaging. Semua ponsel dapat mengirim dan menerima pesan teks, tapi apa yang membuat smartphone lebih unggul adalah kemampuannya menangani e-mail.
OK rekan blogger demikian bacaan kali ini yang berjudul Antara Smartphone dan Handphone Biasa, Apa Perbedaannya ? semoga manfaat ya :)

Salam Baca Gratis !!



0 comments:

Post a Comment